Jumat, 09 Maret 2018

Jelang Nyepi, Balai Pengelola Transportasi Jatim Cek Kesiapan Kapal





Banyuwangi - Menjelang liburan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940, Balai Pengelola Transportasi Wilayah XI Jawa Timur melakukan pengecekan sarana dan prasarana di setiap armada kapal di lintas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Bali.

Pengecekan ini dilakukan di masing masing armada kapal yang bersandar di dermaga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jumat (9/3/2018).

Petugas memeriksa satu-persatu alat-alat keselamatan pelayaran, seperti pelampung, sekoci penyelamat (Life Boat), jaket penolong, rakit penolong tiup dan pelempar tali penolong. Bahkan, petugas juga memberikan arahan kepada masing-masing nahkoda kapal mengenai keselamatan 

pelayaran. 



Kepala Satuan Pelayanan Ketapang Balai Pengelola Transportasi Wilayah XI Jawa Timur, Rocky M Surentu mengatakan, pihaknya bertanggung jawab terhadap kesiapan sarana prasarana seluruh armada kapal tersebut selama perayaan Hari Raya Nyepi. Untuk itu pengecekan ini dirasa perlu agar tidak terjadi berbagai permasalahan saat dioperasikan.

"Kita tidak toleransi dengan adanya ketidaksiapan kapal dalam berlayar. Apalagi Nyepi pasti sebelum dan sesudah perayaan itu akan ramai penyeberangan ini," ujarnya.


Rocky menjelaskan, pihaknya juga memberikan arahan kepada petugas kapal untuk memberlakukan pengikatan kendaraan saat berlayar. Ini dilakukan agar muatan di dalam kapal tak memengaruhi keseimbangan kapal, saat ada ombak tinggi atau angin kencang.



Jangan lupa lassing (pengikatan, red) kendaraan agar tidak jatuh," tambahnya.





Pada perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini, untuk keberangkatan kapal terakhir dari arah Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jumat malam (16/3) sekira pukul 24.00 WIB, sedangkan dari arah Pelabuhan Gilimanuk, Bali pada Sabtu pagi (17/3) pukul 05.00 WITA.

Pada hari H, seluruh armada kapal tidak dioperasikan dan diparkir di masing-masing dermaga di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Sementara itu, lintas penyeberangan Jawa-Bali akan dibuka kembali dengan pengoperasian armada kapal paling awal dari arah Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada Minggu pagi (18/3) sekira pukul 05.00 WIB, sedangkan dari arah Pelabuhan Gilimanuk, Bali menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.




DEWAQQ.NET


0 komentar:

Posting Komentar