Jumat, 09 Maret 2018

Ribuan Wanita Saudi untuk Pertama Kalinya Berlatih Nyetir







Jeddah - Wajah wanita di Arab Saudi terlihat sumringah, untuk pertama kalinya mereka bisa berlatih mengemudi kendaraan dengan aman dan legal. Ribuan wanita dari seluruh Arab Saudi mendaftar untuk mengikuti pelatihan mengemudi.

Salah satu tempat kurus menyetir yang tengah ramah diburu wanita di Arab Saudi adalah pelatihan mengemudi yang dilakukan oleh produsen mobil Ford di sebuah universitas di Jeddah.

Baca juga: Wanita Arab Boleh Nyetir, Keputusan Bersejarah Raja Salman


Wanita Arab Saudi akan mulai diperbolehkan menyetir di jalanan pada bulan Juni mendatang setelah diputuskan oleh Raja Salman akhir September lalu. Keputusan Raja Salman itu tak hanya dipuji oleh masyarakatnya sendiri tapi juga kepala pemerintahan negara lain. Presiden AS Donald Trump termasuk yang mendukung keputusan Raja Salman.

Banyak wanita Arab Saudi yang tidak percaya mereka akhirnya bisa bebas mengendarai mobil. Hal ini diharapkan bisa membantu kalangan wanita untuk bekerja. Wanita Arab selama ini harus ditemani kalau ingin berpergian kemana-mana dengan mobil. Bahkan kini ada diler khusus untuk para wanita memilih kendaraan yang mereka inginkan.

Baca juga: Arab Saudi Buat Diler Mobil Khusus Wanita


"Saya tidak menyangka, saya kira wanita bisa nyetir dalam 10 tahun lagi, bukan sekarang, saat saya mendengar keputusan itu saya terkejut, saya sangat senang," ujar Fatmah Almardof, salah seorang wanita yang tengah belajar menyetir seperti dilansir dari Reuters.

"Mengendarai mobil adalah kebebasan sejati," timpal wanita lainnya Fatmah Haroon.

http://dewakiukiu.net/app/Default0.aspx?lang=id

0 komentar:

Posting Komentar