Kamis, 05 Juli 2018

Sandi Ingin Pekerjakan Pengungsi di Jakarta Jadi Guru Bahasa Inggris








Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno siang tadi bertemu dengan delegasi dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Balai Kota, Jakarta Pusat. Sandiaga menyebut setengah dari jumlah pengungsi yang ada Indonesia berada di Jakarta.

"Tadi ada 13 ribu lebih refugees yang ada di Indonesia, setengahnya di Jakarta, ada di beberapa penampungan. Kebanyakan dari mereka itu dari Afghanistan, dari daerah-daerah yang kita sebut sebagai hot," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).


Sandiaga menyebut jumlah pengungsi yang ada di Ibu Kota sudah tak mungkin bertambah karena melebihi dari kapasitas tempat penampungan yang ada. Sandiaga memiliki rencana untuk memperkerjakan para pengungsi itu.


"Kita kerja sama juga dengan pemerintah pusat, dengan Imigrasi. Memang kelebihan jumlahnya, membeludak. Dan ternyata dari mereka ini banyak yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris. Jadi saya tadi menawarkan dengan kolaborasi dengan Imigrasi, dengan Dinas Pendidikan, apakah bisa dipakai mereka untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris," papar Sandiaga.


Wagub usungan Partai Gerindra itu juga berencana memberikan fasilitas pendidikan ke anak-anak para pengungsi tersebut. Selain itu, bagi pengungsi yang memiliki keahlian akan disalurkan melalui program OK OCE.

"Anak-anaknya kasihan sekali. Mereka tidak bisa bersekolah. Kita ada kartu temporer yang memungkinkan mereka bisa bersekolah di sekolah negeri. Dan terakhir banyak juga dari mereka yang punya skill. Jadi mungkin mereka dulunya adalah engineer maupun juga guru. Nah, ini ternyata mereka tertarik. Walau mereka tidak boleh bekerja di sini, tapi mereka bisa menjadi instruktur pendamping di OK OCE," terang Sandiaga.


Rencana itu juga sudah disampaikan Sandiaga ke pihak UNHCR dan mendapatkan apresiasi. Menurut Sandiaga, rencana memfasilitasi para pengungsi itu bisa menjadi salah satu bentuk kerja sama antara Pemprov DKI dan UNHCR.

"Ini yang mereka ingin sampaikan dan tawaran tersebut kami langsung sambut. UNHCR juga sangat mengapresiasi bahwa DKI memberikan fasilitasi tempat dan lain sebagainya. Jadi ini yang menjadi salah satu poin atas kemungkinan potensi kerja sama kita dengan UNHCR ke depan," tutur Sandiaga.
(zak/rna)

0 komentar:

Posting Komentar